-->

Tutorial Komputer


Wednesday, September 10, 2014

Penyebab SLOT RAM HANGUS

Hal ini disebabkan, karena pamasangan modul RAM kurang tepat/ terbalik pada slotnya, sehingga ketika PC dihidupkan terjadi short antara slot RAM dengan modul RAM. Dengan mengetahui akibatnya ketika memasang ram ini sebaiknya perhatikan dengan benar ketika memasang RAM.

Akibat SLOT RAM HANGUS:

1. Umumnya jika masalah ini tidak sampai menyebabkan pin slot yang short tersebut terlepas dari PCB mainboard, maka mainboard akan tetap bisa digunakan, namun dengan syarat slot yang bermasalah tadi tidak dipasang modul RAM, cukup pasang RAM di slot normal saja, untuk mengantisipasi pin agar tidak lepas dari PCB, dan jika modul RAM masih tetap dipasang disana, umumnya akan menyebabkan PC sering loading/ hank ketika proses olah data, karena pada umumnya pin tersebut antara terhubung dan lepas dari PCB, terlebih jika user masih tetap menggunakan RAM yang short tadi (jika masih memungkinkan).

2. Namun jika masalah ini menyebabkan pin slot konektor RAM hingga terlepas dari PCB, maka yang umum terjadi, ia akan memblokir seluruh slot RAM yang ada di mainboard, hasilnya mainboard akan tetap menyala, namun tidak akan memunculkan apa-apa pada display, walaupun user sudah memasang modul RAM normal di slot yang normal pada mainboard tersebut.
Solusi untuk masalah nomor dua bisa dengan melepas slot RAM yang bermasalah tersebut dari PCB mainboard, atau menggantinya dengan yang baru, agar slot tersebut tidak "mengunci" slot yang lain, seperti contoh masalah diatas, yang mana setelah slot yang bermasalah tersebut dilepas, dan pasang RAM di slot normal, displaypun muncul.

Dikutip dari forum komputer facebook semoga membantu bagi anda yang sedang bermasalah dengan RAM.



 
Atas