-->

Tutorial Komputer


Friday, December 19, 2014

Komputer Spesifikasi tinggi kenapa tetap lemot

Anda menjumpai komputer lemot meskipun komputer sudah memiliki spesifikasi tinggi misalnya sudah pentium 4 prosesor dual core, berikut ada pengalaman berdasarkan pengamatan saya yang akan saya share pada hari ini tentang Komputer Spesifikasi tinggi kenapa tetap lemot.

Komputer lemot pada era teknologi sekarang ini yang terus mengalami peningkatan perubahan inovasi-inovasi baru rasanya tidak zaman lagi, kalau dulu masih wajar karena perangkatnya juga membuat sistem operasi komputer berjalan lambat, dengan pembaruan-pembaharuan sekarang kinerja komputer lebih cepat, jadi kalau pakai komputer lambat rasanya tidak sabar, namun kendala lambatnya kinerja komputer bukan hanya dari hardware namun juga penggunaan, itu dari yang saya amati baru-baru ini. simak juga : Bagaimana Cara Service komputer mati total

Berikut ini mencoba uraikan permasalahan seputar komputer dengan spesifikasi yang tinggi namun tetap lambat, ada beberapa hal sebagai berikut

1.    Kalau komputer baru saya lihat kinerjanya cepat karena pantas saja, hardisk penggunaannya masih sedikit, aktivitas penggunaan komputer masih sedikit kalau pemakaian lama ini menimbulkan sampah atau recent menumpuk ini juga lambat laun menghambat kinerja komputer, solusinya seminggu sekali atau 3 hari bersihkan sampah tersebut, kalau pemakaian internet ini juga menimbulkan recent lambat laun akan membuat lambat, seperti penggunaan smartphone kalau tidak dibersihkan smartphone juga akan lambat kinerjanya.

2.    Ini yang baru-baru saya amati tadinya komputer cepat karena memang spesifikasinya lumayan, tiba-tiba ini kinerjanya menurun umur komputer sudah 7 tahun, saya punya pemikiran mungkin RAM harus ditambah, mikir lagi kalau RAMnya yang bermasalah kenapa tidak dari awal, coba saya perhatikan lagi, software juga saya kurang yang penting-penting saja ternyata masih juga lambat, setelah saya perhatikan beberapa hari ternyata masalah ada pada hardisk, umur hardisk lama-kelamaan juga menurun kemampuan membaca filenya, apalagi isi space hardisk yang tinggal sedikit, solusi yang dapat dilakukan adalah dengan memindahkan fie-file di hardisk bisa ke flasdisk atau ke hardisk ekternal paling tidak sisakan kapasitas hardisk separuhnya. baca juga Memperbaiki komputer sering restart

Demikian kedua hal yang dapat saya simpulkan kenapa komputer lemot meskipun spesifikasi tinggi ternyata bisa saja masalah ada pada hardisk.

Sekian mudah-mudahan bisa bermanfaat


 
Atas